Kinerja Membaik, PT Kota Satu Properti Tbk (SATU)
Semester 1 2021 Berhasil Pangkas Kerugian Hingga 50%

Pandemi yang melanda Indonesia dua tahun belakangan merupakan periode yang sangat menantang bagi dunia usaha. PT Kota Satu Properti Tbk (SATU) sebagai emiten di bidang properti dan pariwisata berusaha mengoptimalkan strategi perusahaan dengan melakukan efisiensi dalam manajemen dan operasional. Rugi bersih perseroan semester 1 – 2021 tercatat sebesar Rp. 4.831.335.034,-. Dari data yang ada, rugi bersih perseroan pada periode yang sama tahun sebelumnya adalah Rp. 9.656.360.242,- dengan demikian rugi bersih perseoran mengalami penurunan sebesar +/-50%. Turunnya rugi bersih perseroan ini disumbang antara lain dari turunnya beban pendapatan usaha perseroan dari Rp. 14,8 Milliar ke Rp. 6,3 Milliar atau turun sebesar Rp.8,55 Milliar.


Direktur Keuangan PT. Kota Satu Properti Tbk. Hanna Rahardja mengungkapkan bahwa manajemen melakukan strategi efisiensi di segala lini agar dapat bertahan melalui masa pandemi.


“Mengingat pandemi berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan, maka kami berusaha keras mengurangi pengeluaran – pengeluaran yang tidak perlu dan mengoptimalkan sumber daya yang ada sebagai bagian dari antisipasi masa pandemi yang berkepanjangan. Turunnya kerugian hingga 50% merupakan hasil kerja keras dari segenap jajaran karyawan, manajemen, serta dukungan dari segenap shareholder dan stakeholder. Pencapaian ini saya yakin dapat menjadi penyemangat untuk kami dapat berkarya dan menjadi lebih baik lagi ke depannya,” ujar Hanna.


Melalui strategi pengembangan yang inovatif dan terukur, PT Kota Satu Properti Tbk optimis bahwa prospek usaha perseroan ke depan akan lebih baik lagi. Apalagi ditambah adanya dukungan Pemerintah melalui beberapa stimulus yang diberikan, antara lain perpanjangan Free PPN, kemudahan mengajukan KPR, penurunan tarif PPh atas hunian mewah dari 5% menjadi 1%, serta kebijakan UU Cipta Kerja yang memberikan berbagai kemudahan persyaratan untuk investasi. Selain itu perkembangan Ungaran dan Kabupaten Semarang sebagai kota jasa dan industri yang maju pesat mampu mempengaruhi peningkatan kebutuhan properti.


Amaya Home Resort sebagai salah satu properti yang telah dimiliki dan dikembangkan oleh SATU telah menjadi perumahan favorit di Kota Semarang sebab memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki perumahan lain seperti suasana pegunungan dengan udara yang sejuk dan segar, akses yang sangat strategis karena terletak di area exit tol Ungaran, serta memiliki konsep desain dan fasilitas resort. Selain fasilitas perumahan yang lengkap seperti club house, swimming pool, broadband internet, one gate system, cctv dan security 24 jam, Amaya Home Resort juga memiliki layanan Amaya Care seperti housekeeping, laundry, perbaikan instalasi air / listrik, gardening, sampai ke desain dan renovasi interior dan eksterior rumah yang tentunya sangat memanjakan bagi penghuninya.


“Sejak tahun 2020 hingga sekarang kami tetap bertumbuh meski di tengah pandemi covid yang sangat menantang. Berbagai komitmen perusahaan kepada konsumen Amaya berupa serah terima rumah dan pembangunan fasilitas juga secara bertahap kami tuntaskan. Kami juga telah merencanakan pengembangan lahan baru untuk perumahan, dengan sistem kerjasama melalui beberapa pihak untuk memaksimalkan pertumbuhan dengan permodalan dan sumber daya yang ada. Sementara untuk PT Kota Satu Persada yang merupakan entitas anak dari PT Kota Satu Properti Tbk, kami tengah mempersiapkan beberapa rencana pengembangan sistem dan usaha yang rencananya akan mulai diluncurkan pada akhir 2021 hingga semester 1 – 2022. Hal tersebut merupakan upaya manajemen untuk memastikan peningkatan pendapatan dan profitabilitas untuk tahun 2022 dan tahun-tahun selanjutnya” pungkas Johan P. Santoso, selaku Direktur Utama PT Kota Satu Properti Tbk.