PT Kota Satu Properti Tbk ( SATU ) Bekerja Sama dengan PT Bumi Sekartama Garap Proyek Kawasan Perumahan

PT Kota Satu Properti Tbk (SATU) dan PT Bumi Sekartama menjalin kerja sama untuk mengembangkan proyek perumahan di Kota Weleri. Penandatanganan perjanjian antara kedua belah pihak dilakukan pada Kamis, 2 Oktober 2021 lalu yang bertempat di Sphere Meeting Room, Allstay Hotel Semarang.


Direktur Utama PT Kota Satu Properti Tbk (SATU), Johan P. Santoso mengungkapkan bahwa kerja sama dengan PT Bumi Sekartama ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mendukung pengembangan bisnis properti hingga 3 sampai 5 tahun ke depan.


“Melalui kolaborasi dengan pemilik lahan dan modal, maka SATU dapat mengembangkan berbagai proyek properti dengan memanfaatkan kemampuan manajemen dan pengalaman dalam bidangnya. Inilah yang memang menjadi fokus SATU saat ini, yakni memanfaatkan setiap peluang dan setiap sumber daya yang ada untuk bertumbuh. Kolaborasi dengan PT Bumi Sekartama ini salah satu langkah kami untuk memastikan pertumbuhan SATU ke depannya” ujar Johan P. Santoso.


Johan menambahkan, saat ini banyak pemilik modal dan lahan yang tertarik untuk mengembangkan proyek properti karena mereka tahu prospeknya sangat besar namun mereka tidak memiliki tim manajemen yang mampu dan berpengalaman. Tidak sedikit pemodal besar yang gagal ketika terjun ke bisnis properti.


“Proyek properti, terlepas dari potensi bisnisnya yang sangat bagus, harus diakui sangatlah kompleks. Mulai dari riset pasar, perencanaan, perijinan, pengembangan, marketing & branding, aspek sosial dan keamanan, manajemen vendor, estate management dan customer service. Kami (SATU) memiliki tim manajemen yang berpengalaman mengembangkan proyek properti dengan berbagai skala, dengan demikian kami menangani pengembangan proyek dan pemilik lahan / modal dapat duduk tenang dan fokus pada bisnis utama mereka” ujarnya.


Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilaksanakan dan dihadiri oleh Direktur Utama PT Kota Satu Properti Tbk (SATU) Johan P. Santoso, Komisaris PT Bumi Sekartama R.Y. Kristian Hardianto, Komisaris Utama PT Kota Satu Properti Tbk Arief Sugiyo, Direktur Operasional (COO) PT Kota Satu Properti Tbk Jeannie Rahardja, Direktur Keuangan (CFO) PT Kota Satu Properti Tbk Hanna Priskilla.


Perumahan Bumi Sekartama sendiri terdiri dari 236 unit rumah dan ruko dengan berbagai tipe, dengan total potensi nilai proyek diperkirakan mencapai 118 milliar rupiah dan ditarget rampung terjual dalam waktu 3 tahun. Untuk penjualan tahap pertama diperkirakan senilai 32 milliar rupiah dan ditarget selesai dalam 18 bulan. Target tersebut sangat realistis mengingat berbagai analis properti dan ekonomi mensinyalir tahun 2022 merupakan tahun kebangkitan untuk industri properti.


Selain itu lokasi proyek masih terjangkau dari Kawasan Industri Kendal seluas 2200 Ha yang merupakan proyek patungan antara PT Jababeka dan Sembcorp Singapura (Temasek Group) dan Kawasan Industri Batang (Grand Batang City) seluas 4300 Ha. Berbagai pembangunan infrastruktur berskala besar seperti PLTU Batang, pelabuhan laut, jalan Tol Trans Jawa juga turut menambah optimisme pencapaian target.


PT Kota Satu Properti Tbk (SATU) sendiri merupakan perusahaan properti yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia dan telah terbukti berhasil mengembangkan perumahan Amaya Home Resort Ungaran menjadi perumahan kelas menengah atas yang populer dan diminati di Semarang. Di mana dari unit yang dipasarkan, 90% lebih telah terjual. SATU juga telah memiliki dan mengembangkan dua unit hotel yakni Allstay Hotel Semarang dan Allstay Ecotel Yogyakarta yang mana juga telah menjadi favorit wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan rating yang tinggi dan berbagai award dari situs travel agen online seperti Traveloka, Tiket.com, Booking.com, Pegipegi, dll.